Ke Mana Minyak Akan Mengalir Pasca OPEC+ Pangkas Produksi?

Baca artikel di situs FBS

Setelah pemangkasan produksi OPEC+, harga minyak mengalami fluktuasi. Pada hari Selasa (04/07/2023), harga minyak naik sedikit, dengan West Texas Intermediate (WTI) mendekati $70 per barel, pulih dari penurunan 1,2% pada sesi sebelumnya ketika pemangkasan produksi diumumkan.

Produsen utama seperti Arab Saudi dan Rusia telah berupaya untuk mendukung harga dengan mengurangi pasokan. Arab Saudi memperpanjang pengurangan pasokan sepihak sebesar 1 juta barel per hari hingga Agustus, sementara Rusia juga mengumumkan pengurangan baru. Selain itu, Aljazair merencanakan pengurangan yang lebih moderat.

Meskipun ada upaya ini, harga minyak menghadapi tantangan dan mengalami penurunan sebesar 11% di sepanjang tahun ini. Pandangan makroekonomi yang memburuk di AS, Tiongkok, dan Eropa, bersama dengan pasokan yang cukup dari negara-negara seperti Rusia dan Iran, berkontribusi atas penurunan harga minyak dunia.

Perlu dicatat bahwa meskipun pasokan OPEC+ telah dikurangi, patokan minyak AS - WTI, tetap berada dalam kondisi contango, yang merupakan pola bearish. Dalam kondisi ini, harga minyak jangka pendek lebih murah daripada harga pengiriman di masa depan. Situasi ini berbeda dengan backwardation, di mana harga jangka pendek lebih tinggi.

Upaya anggota OPEC+ untuk mendukung harga melalui pemangkasan produksi belum sepenuhnya berhasil, karena kekhawatiran terhadap kemungkinan penurunan ekonomi dan kekhawatiran resesi di dunia Barat terus memengaruhi sentimen pasar minyak.

Baik Brent maupun WTI mengalami penurunan sejak awal tahun 2023, karena pemulihan yang lambat di Tiongkok dan kekhawatiran tentang kemungkinan resesi ekonomi yang mengaburkan prospek. Kekhawatiran resesi di dunia Barat terus mempengaruhi sentimen pasar minyak.

Namun, beberapa analis dan bank memperkirakan pasar minyak mentah akan menunjukkan tanda-tanda pengetatan di masa depan. Pergeseran ini dapat dipicu oleh langkah OPEC+, inisiatif AS untuk mengisi kembali Cadangan Strategis Minyaknya, dan peningkatan konsumsi energi di negara importir Asia utama seperti Tiongkok dan India.

Analisa Teknikal OIL WTI 

XTI 04072023.jpg

Aries Nugroho

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.